JAKARTA - Pemasaran bertujuan untuk menciptakan, merangsang, atau memengaruhi perilaku pelanggan, yang menempatkan konversi ke dalam konteks yang lebih strategis yang menjadi tujuan pemasar. Munculnya konten yang dibuat pengguna online secara langsung memengaruhi tingkat keterlibatan pelanggan dalam interaksi jangka panjang, mendorong loyalitas pelanggan dan advokasi melalui mulut ke mulut.
Keterlibatan pelanggan online secara kualitatif berbeda dari keterlibatan offline karena sifat interaksi pelanggan dengan merek, perusahaan, dan pelanggan lain berbeda di internet.
Forum diskusi atau blog sebagai social media marketing, misalnya, adalah ruang di mana para pemasar dapat berkomunikasi dan bersosialisasi dengan para konsumen dan calon konsumennya. Keterlibatan pelanggan online telah menjadi fenomena sosial dari perilaku pelanggan untuk secara teratur terlibat dalam komunitas online yang secara langsung atau tidak langsung, seputar kategori produk dan topik konsumsi lainnya.
Proses ini mengarah pada keterlibatan positif pelanggan dengan perusahaan atau penawaran, serta perilaku yang terkait dengan tingkat keterlibatan pelanggan yang berbeda.
Untuk merangsang para konsumen dan calon konsumen bertinteraksi melalui komentar dalam bentuk pertanyaan pertanyaan tentang produk dan jasa yang akan dibeli, atau apresiasi dari produk dan jasa yang sudah dibeli diperlukan pemicu bagi para konsumen yang tadinya pasif untuk berkomentar aktif di forum yang dibangun oleh perusahaan, merk, produk, dan jasa. Salah satunya upaya kreatif yang dilakukan oleh RajaKomen.com.
Berikut ini adalah Tips untuk konten yang merangsang keterlibatan konsumen di Social Media Marketing.
- Konten edukasi yang relevan dengan produk dan jasa yang ditawarkan.
- Konten hiburan yang berhubungan langsung dengan produk dan jasa yang ditawarkan.
- Konten tips dan triks dalam memanfaatkan produk dan jasa yang ditawarkan.
- Konten tips dan triks dalam merawat produk dan jasa yang ditawarkan.
- Penawaran Eksklusif Pada Pelanggan.
RajaKomen.com dipersembahkan untuk seluruh komentator Indonesia dan pemilik akun medsos yang ingin dikomentari positif oleh netizen yang ada di Indonesia. Media Sosial yang bisa kami bantu menaikkan engagement nya: Instagram, Youtube, Google Bisnisku/Google My Business/Gmaps, dan Aplikasi Android di Play Store.
Dengan meningkatnya keterlibatan pelanggan (Engagament Rate/ER) di sebuah postingan media sosial, akan membuat produk dan jasa yang ditawarkan menjadi lebih populer. Brand atau produk yang dipromosikan akan lebih mudah dicari karena memiliki ER yang tinggi. (adv)